Senin, 26 November 2012

LAPORAN PKL PARALAYANG BATU, MALANG

LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN
Kepelatihan Paralayang di
”Ayo Kita Kemon Paragliding Club”


BAB I
PENDAHULUAN

A.          Latar Belakang
Di zaman globalisasi seperti sekarang ini kita sebagai calon generasi pendidik yang mempunyai gelar sarjana hendaknya mulai berfikir luas demi kemajuan Bangsa kedepannya. Karena sampai saat ini masih banyak peraih gelar sarjana yang miskin akan pengetahuan dan malas untuk mengembangkan keterampilan. Tidak hanya cenderung pada bidang yang kita geluti saat ini, tapi sebisa mungkin kita berfikir secara global untuk Bangsa dan Negara.
Bagaimana kita bisa mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEK serta mengupayakan penggunaan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan Nasional? Demi mencapai hal tersebut dari sekian banyak kesempatan, setidaknya melalui program mata kuliah PKL yang ada saat ini, kita bisa memulainya dari hal yang kecil hingga kedepannya bisa menuai hasil yang maksimal.
Pelaksanaan kegiatan mata kuliah PKL sendiri mempunyai harapan kita sebagai mahasiswa sebisa mungkin menerapkan teori yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam praktik pelaksanaan di lapangan (dunia kerja). Sehingga kita bisa lebih memahami bidang pekerjaan yang ditekuni. Ruang lingkup dari kegiatan PKL meliputi industri, instansi pemerintah/ swasta, kelompok masyarakat, lembaga diklat, badan-badan usaha, dan organisasi lain.
Untuk memperoleh pemahaman dan keterampilan yang dilaksanakan dalam periode waktu tertentu, kita dituntut untuk meningkatkan profesionalisme sesuai disiplin ilmu kita masing-masing. Sehingga dapat tercipta link and match antara teori dan praktik di lapangan. Dalam meningkatkan keterampilan maupun menyebarluaskan ilmu yang kita miliki demi memajukan masyarakat seutuhnya, seperti halnya yang tertera uraian di atas. Kami melakukan kegiatan PKL di Ayo Kita Kemon Paragliding Club di Kota Batu.
B.     Tujuan
         Tujuan dari kegiatan PKL yang kami lakukan antara lain :
1.   Agar kita dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan  kita dalam menerapkan teori yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam praktik pelaksanaan di lapangan (dunia kerja) sehingga kita lebih memahami bidang pekerjaan apa yang kita tekuni.
2.   Agar kita memperoleh kemampuan praktis di lapangan, sehingga kita benar-benar paham bagaimana kondisi kerja yang sebenarnya.
3.   Ingin mengembangkan dan menyebarluaskan iptek serta mengupayakan penggunaan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan Nasional.

C.     Manfaat
         Manfaat dari kegiatan PKL sebagai berikut :
1.   Kami sebagai mahasiswa berpartisipasi dan berinteraksi secara global dengan masyarakat sekitar.
2.   Kami bisa mengerti dan menjadikan pengalaman tersebut sebagai tambahan pengetahuan tentang olahraga baru yaitu paralayang.
3.   Kami mendapatkan pengalaman tersendiri mengenai olahraga paralayang.



BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN PKL

A.     Deskripsi Pelaksanaan Kegiatan
Kami selaku mahasiswa pemrogram mata kuliah PKL akan memaparkan data hasil PKL selama kurang lebih 2 bulan yang kami jalankan. Kegiatan pertama yang kami lakukan adalah observasi ke beberapa tempat yang mungkin bisa dijadikan tempat PKL. Awalnya kami telah menentukan tempat PKL di Kolam Renang dan Finnes Club Citra Land, kemudian kami memasukkan surat pengantar dari kampus ke tempat tersebut. Setelah menunggu selama 3 minggu lebih, surat yang kami masukkan belum ada jawaban dari pihak Citra Land, maka kami putuskan untuk segera mencari alternatif tempat lain yang mungkin bisa dijadikan sebagai tempat PKL. Dan tempat tersebut adalah Ayo Kita Kemon Paragliding Club. Kami menjalankan kegiatan PKL dan terjun langsung dalam kegiatan mulai tanggal 20 November 2010 sampai 22 Januari 2011. Dari data Ayo Kita Kemon Paragliding Club antara lain ketua yaitu Yoshi M. Pasha, dan beberapa pengurus yang turut mengelola sekaligus melatih di Ayo Kita Kemon Paragliding Club antara lain : Nyoto Sumartono, Bayu, Moyo, Ali, Yunus, dan lain-lain. Tempat latihan berada di Lapangan Bumiaji Batu, Lapangan Songgomaruto Songgokerto, dan Gunung Banyak Kota Batu. Contact person 0818337051, jadwal latihan rutin Ayo Kita Kemon Paragliding Club yaitu hari sabtu dan minggu mulai pukul 06.30 – 18.00 WIB.
         Selama 2 bulan kami menjalankan praktik langsung di lapangan, para pelatih Ayo Kita Kemon Paragliding Club memberikan tugas kepada kami untuk membantu kegiatan warming-up dan membantu menjadi caddy (melipat parasut). Pada saat kami datang pelatih sedang fokus dalam persiapan SEA GAMES. Karena ada 3 (tiga) atlet dari Ayo Kita Kemon Paragliding Club yang akan dikirim dalam Pelatnas Paralayang di Jakarta dalam rangka persiapan SEA GAMES 2011.
         Dalam program latihan tersebut kami terlibat sepenuhnya, sehingga kita merasakan susah ringannya menangani langsung di lapangan.
         Setelah selesai latihan kami melakukan sarasehan sambil menukar ilmu dan pengalaman yang bertujuan menambah wawasan kami. PKL yang kami tempuh memberikan banyak sekali hal baru yang kami dapat dari para pengurus Ayo Kita Kemon Paragliding Club maupun para atlet paralayang di Ayo Kita Kemon Paragliding Club.

B.     Faktor - faktor Pendukung dan Penghambat
         1.   Faktor Pendukung selama PKL :
         a.   Besarnya antusias para atlet, yang memotivasi kami lebih semangat dan kreatif dalam melakukan kegiatan PKL.
               b.   Para pendamping yang begitu ramah selama kami menjalankan PKL.
         d.   Tempat utama paralayang, satu-satunya tempat untuk olahraga paralayang yang ada di Kota Batu bahkan di area Jawa Timur, dan Gunung Banyak merupakan satu-satunya tempat paralayang yang bisa untuk terbang di semua musim baik musim kemarau maupun musim hujan, sehingga ada perasaan bangga bagi kami karena bisa PKL di tempat tersebut.

2.      Faktor Penghambat Selama PKL :
         a.                                                                                        Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat luas tentang olahraga paralayang sehingga hanya sebagian orang saja yang melakukan dan mengetahui olahraga ini.
         b.   Kurang adanya komunikasi pengurus dengan orang tua anak didik, seperti contoh pada saat hari libur latihan masih banyak para orang tua yang tidak mengetahui.


C.     Solusi
         Solusi dari berbagai masalah yang ada pada saat kami menjalankan PKL di Ayo Kita Kemon Paragliding Club, yaitu tentang kurangnya sarana dan prasarana dan sistem keamanan Geyhouse atau tempat penyimpanan parasut. Perlu diadakannya rapat anggota seluruh pengurus Ayo Kita Kemon Paragliding Club dan mengadakan sarasehan pada orang tua anak didik yang berisi tentang hal-hal berkait dengan kemajuan serta keamanan secara global baik dari pengurus maupun anak didik serta orang tua. Lebih baiknya hal tersebut diadakan secara rutin. Sehingga dari hasil sarasehan tersebut akan muncul solusi-solusi yang dapat dipertimbangkan, serta masing-masing anggota mampu berfikir kritis terhadap masalah yang ada. Kedepannya akan terasa lebih ringan bila dikaitkan dengan masalah yang sama atau masalah yang baru, karena dengan adanya rapat anggota secara rutin tersebut akan menuahkan hasil atau masalah-masalah akan terjawab penyelesaiannya.


BAB III
PENUTUP

A.     Simpulan
                  Secara global ilmu kepelatihan yang kami peroleh pada saat kuliah dengan ilmu kepelatihan yang dilakukan sehari-hari di Ayo Kita Kemon Paragliding Club banyak sekali kesamaan. Mulai program latihan rutin, pemberian menu latihan sehari-hari semua hampir sama. Dikatakan hampir sama karena ada sedikit yang kurang dalam latihan keseharian Ayo Kita Kemon Paragliding Club. Dalam ilmu kepelatihan ada pemanasan ada juga pendinginan atau cooling down. Selama kami PKL cooling down masih belum ada dalam menu latihan, hal-hal lain yang berkaitan dengan teknis sudah sesuai dengan apa yang kami peroleh pada kuliah. Jadi memudahkan kami untuk beradaptasi pada saat melatih.

B.     Saran
         Perlu diadakannya sarasehan secara rutin, sehingga masalah-masalah yang ada menjadi ringan dengan adanya solusi-solusi yang muncul dari anggota pengurus Ayo Kita Kemon Paragliding Club maupun orang tua dari anak didik. Selain itu bertujuan untuk memperoleh terobosan – terobosan baru yang berkaitan dengan kepelatihan melalui sarasehan sehingga hal yang kurang di lapangan dapat diganti dengan hal – hal yang baru yang bertujuan demi kemajuan Ayo Kita Kemon Paragliding Club. Karena sarana yang ada masih banyak kekurangannya dan masih terbatas.

 DOKUMENTASI














0 komentar:

Poskan Komentar